Arti Nama Bagi Orang Larantuka

sumber foto: gregoriuseldo.blogspot.com

Masa-masa menanti kelahiran anak pertama selalu “memainkan perasaan” kami (saya dan istri) karena semuanya bercampur aduk. Kami bahagia menyosong kehadiran anggota baru dalam keluarga, namun selalu harap-harap cemas setiap kali melakukan USG (Ultrasonografi), apalagi di saat hari kelahiran. Berharap semuanya berjalan dengan lancar, namun merasa cemas jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tentu saja berharap campur tangan Tuhan melancarkan segalanya.

Banyak hal yang mewarnai persiapan kami dalam menyambut “anggota baru” keluarga besar, termasuk memilih nama yang tepat baginya. Bagi kami memilih nama bukanlah persoalan sepele karena nama merepresentasi agama, budaya, harapan dan berbagai nilai lainnya, setidaknya bagi saya dan istri. Secara konvensional nama menjadi “gerbang utama” dalam memulai sebuah relasi sosial, berbeda dengan dunia maya yang lebih anonim. Kita bisa mengumpulkan sedikit informasiĀ  sebelum mengenal seseorang lebih jauh. Hal ini penting karena sedikit informasi tersebut bisa menjadi “panduan” dalam berinteraksi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Oleh karena itu nama memiliki arti yang penting dan saat ini mempersiapkan nama calon bayi menjadi salah satu prioritas bagi kami. Media internet atau buku menyediakan banyak sekali nama-nama bayi yang menarik disertai makna yang luar biasa, namun diperlukan proses pertimbangan yang matang. Mungkin karena karakter saya yang konvensional sehingga cara yang kami pilih dalam menentukan nama bayi pun terbilang konvensional. Meskipun begitu, inilah yang menjadi jati diri dan identitas kami.

Panduan Nama Orang Larantuka

Mengedepankan agama dan budaya dalam menentukan nama calon bayi, bukan berarti menghilangkan arti dari nama tersebut. Oleh karena sistem budaya kami adalah patrilineal maka pemberian nama didasarkan pada kebiasaan orang Larantuka (Flores Timur) yang merupakan daerah asal saya. Mayoritas orang Larantuka beragama Katolik maka nama-nama orang suci (santo-santa) dalam tradisi Katolik pasti menjadi salah satu nama yang digunakan. Pada dasarnya Larantuka dan tradisi Lamaholot yang lebih luas menempatkan nama (baptis) Katolik, nama kakek/nenek atau nama leluhur serta nama suku sebagai identitas komunal sang anak. Tiga suku kata nama ini menjadi perpaduan antara agama dan budaya, antara kehidupan spiritual dan duniawi yang secara tradisi diatur secara komunal oleh suku.

Dalam perkembangannya, nama kakek/nenek atau leluhur juga berfungsi menjadi nama (baptis) Katolik dan nama suku tetap menjadi identitas “penegas” akan latar belakang sang empunya nama. Penyematan nama kakek/nenek atau leluhur tidak hanya sekedar tradisi budaya yang diwariskan turun temurun, namun secara praktis bertujuan untuk memperjelas asal usul seseorang. Jika ia tidak dikenal secara pribadi oleh orang Larantuka maka nama tersebut akan memperjelas identitasnya sebagai cucu dari kakek/neneknya. Hal ini kemudian diperjelas oleh nama sukunya.

Terkadang pemberian nama kakek/nenek juga dianggap “melestarikan” karakter dari kakek/nenek yang biasanya menjadi panutan dalam keluarga. Seolah-olah cucu yang “mewarisi” nama tersebut menjadi duplikat sang kakek/nenek. Meski tidak sepenuhnya benar, tetapi beberapa contoh membuktikan anggapan demikian. Kebiasaan pemberian nama inipun berlanjut dari generasi ke generasi sehingga tidak mengaburkan garis keturunan seseorang.

Saya sebagai orang Larantuka merasa bangga jika memberikan nama kepada calon bayi sesuai jati diri yang mengalir dalam darah ini. Bukan sekedar tradisi tetapi juga mencerminkan asal usul anak kami dan berharap menjadi pijakannya kelak. Tentu saja kami juga mempertimbangkan arti nama dan saran dari keluarga istri saya yang bukan berasal dari Larantuka. Memberikan nama juga berati memberikan doa dan berharap semua orang merasa senang memilikinya. Makan kesemuanya itu menjadi pijakan kami dalam memberikan identitas bagi calon bayi yang niscaya membawa berkat dan keceriaan di tengah-tengah keluarga.

About these ads

4 responses

  1. larantuquerros

    Alamat email saya dawan_fernandez@yahoo.co.id..merupakan kebangaan jika kita bisa berdiskusi ttg bebrapa hal. Terima kasih

    July 17, 2012 at 2:24 pm

  2. Mohon saya diberikan alamat email Anda– Saya sebagai Dalang Publishing LLC http://www.dalangpublishing.com ingin berhubung dengan Anda. Terima kasih.
    Lian Gouw

    July 16, 2012 at 3:35 pm

  3. larantuquerros

    Terima kasih atas apresiasinya…smoga saja ini juga menjadi doa bagi anak kami dlm menapaki kehidupan ini nantinya.

    July 16, 2012 at 2:47 pm

  4. Selamat atas kedatangan anggota keluarga yang baru.
    Selamat atas kebijaksanaan Anda dan isteri dalam hal pemilihan nama untuknya.
    Semoga manusia yang kecil ini akan diberkati dengan segala yang didoakan padanya.
    Berkat saya adalah kesadaran dan kebanggaan terhadap tanah airnya.

    July 15, 2012 at 4:42 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.