L ‘ Beta

Larantuquerros, nama yang saya pakai sebagai nama blog ini merupakan sebuah identitas primordial, tapi tentu saja masih dalam kerangka NKRI. Identitas primordial tidak melunturkan semangat Nasionalisme saya. Sebenarnya apa arti kata ini? Saya pun baru pada kesimpulan sementara bahwa kata ini berasal dari bahasa Portugis yang berarti orang Larantuka, sebuah kota di ujung timur pulau Flores yang eksotik. Kota yang menjadi pusat pemerintahan kabupaten Flores Timur, NTT.

Saya belum menemukan dokumen yang membenarkan kesimpulan saya, tetapi ada sebuah sumber yang mungkin penulisnya setuju dengan pendapat saya.

Jika kita membaca buku karya I Ketut Ardhana yang berjudul Penataan Nusa Tenggara Pada Masa Kolonial 1915-1950,–Buku ini merupakan desertasi penulis untuk memperoleh gelar Doktor di bidang Sejarah, yang membahas kondisi sosial, politik dan ekonomi daerah Nusa Tenggara pada masa kolonialisme Belanda–maka ada uraian mengenai jejak bangsa portugis di daerah Nusa Tenggara Timur pada abad ke XVI, khususnya di Flores Timur yang saat itu berbasis di Pulau Solor.

Pada catatan kaki penjelasan mengenai Larantuka, I Ketut Ardhana menguraikan lebih jauh bahwa perkawinan campur antara orang Portugis dan penduduk pribumi melahirkan keturunan yang disebut Topas (bahasa Dravida)/Topassen/Topazios/Toepazios yang berarti Penerjemah. Pada versi lain, Topas merupakan prajurit Portugis yang direkrut dari koloninya di Afrika sehingga disebut Protugis Hitam. Adapun versi berbeda yang menyebutkan bahwa Topas merupakan keturunan dari Cassado/Mestizo yaitu sekelompok orang Portugis yang diniatkan untuk menikahi penduduk pribumi sebagai strategi politik kekuasaan. Orang-orang ini kemudian mendiami pesisir barat pulau Timor pada abad XVI dan menjadi perompak yang ditakuti oleh para Pelaut Belanda.

Kembali pada makna Larantuquerros, I Ketut Ardhana menguraikan bahwa Topas yang berarti Penerjemah atau Portugis Hitam dikenal juga dengan sebutan Larantuquerros. Maka dengan melihat konteks sejarah serta terminolgi tersebut, saya menyimpulkan bahwa makna Larantuquerros adalah orang Larantuka. Maka inilah saya Larantuquerros, meski lahir dan dibesarkan di kota lain. Darah Larantuquerros kedua orang tua mengalir dalam tubuhku.

Jika pembaca memiliki versi lain tentang makna kata ini, silahkan memberikan komentarnya. terima kasih

One response

  1. salam kenal, kapan kapan mampir ya, sekalian kita tukeran link

    February 1, 2010 at 5:35 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s